Gelar Kuliah Tamu, Prodi Pendidikan Matematika UMM Jalin Kerjasama dengan Dinas Pendidikan NTT

Selasa, 08 November 2022 23:06 WIB   Pendidikan Matematika

Math.umm.ac.id - Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Malang laksanakan Kuliah Tamu yang bertemakan Penguatan Calon Pendidik melalui Pendidikan yang Berkemajuan dan Berkarakter Menuju Indonesia Berkemajuan, Sabtu (29/10).

Dalam menggelar kegiatan tersebut Prodi Pendidikan Matematika berkolaborasi dengan Program Studi Guru Sekolah Dasar UMM.

Kegiatan yang digelar di Aula Teknik GKB 3 UMM tersebut menghadirkan dua narasumber yaitu Anselmus Asan Ola, AP., M.Si Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten lembata NTT dan Guru Besar Prodi Pendidikan Matematika UMM Prof. Dr. Baiduri M.Si

Anselmus Asan Ola, AP., M.Si memaparkan Revolusi Mental Anak Lembata. Ia menjelaskan masalah yang terjadi di lembata adalah ketidaksesuaian prilaku dengan adat, agama dan Pancasila.

“Maka strateginya adalah menggeser paradigma pendidikan dari mengejar angka ke mengejar nilai” ucapnya.

Sejalan dengan itu, Prof. Baiduri menyampaikan ciri pendidikan berkemajuan adalah berbasis akhlaq terpuji, berwawasan global dan spesifikasi pendidikan yang jelas menuju profesionalisme.

“Sedangkan implementasinya adalah pendidikan yang nyaman, menyenangkan, mengasyikkan, menggairahkan dan mencerahkan,” tutupnya.

Dalam kesempatan yang sama Prodi Pendidikan Matematika UMM menjalin kerjasama dengan Dinas Pendidikan Lembata NTT. Kerjasama yang akan dilaksanakan mencakup bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian.

Pada bidang pendidikan, salah satu poin pelaksanaan kerjasama ada pada pelaksanaan program MBKM seperti Asistensi Mengajar. Pada bidang penelitian dan pengabdian berupa penelitian bersama (joint research) dan atau pengimbasan kajian-kajian pendidikan dan bidang ilmu kepada sekolah di Lembata, NTT.

Penandatangan kerjasama antara kedua belah pihak menjadi penghujung kegiatan tersebut.


 

Shared: