Kesan Webinar Maraton Math di Hari Terakhir: Semakin Cinta Matematika dan Islam

Sabtu, 23 Mei 2020 09:22 WIB   Administrator

22 Mei 2020, Jumat adalah hari terakhir webinar maraton yang diselenggarakan oleh Prodi Pendidikan Matematika. Lima webinar diadakan berturut-turut mulai dari hari selasa sampai jumat. Dan di hari terakhir ini, webinar dilaksanakan dua sesi yakni pagi pukul 10.00 dan sore pukul 16.00 WIB. Pemateri pada sesi 1 merupakan majelis keilmuan PCIM (Pimpinan Cabang Istimewa Muhammadiyah) Pakistan yang bernama Fajar Islami Human, S.Ag. Moderator sesi 1 ini adalah Rizal Dian Azmi, M.Sc yang merupakan dosen prodi Pendidikan Matematika UMM.

Webinar sesi 1 ini mengangkat tema "Jika Ramadhan Berlalu". Tema tersebut sangat tepat karena saat ini Ramadhan kurang 2 hari lagi. Bapak Fajar mengajarkan bagaimana agar mendapatkan ampunan di bulan Ramadhan ini dan apa yang lebih baik kita lakukan jika ramadhan sudah berlalu. Amalan yang harus dilakukan pada hari-hari terakhir bulan Ramadhan ini adalah memperbanyak istighfar dan bertaubat dari hati yang paling dalam. Mempertahankan melakukan hal-hal yang baik setelah Ramadhan berlalu. Peserta yang mencapai 150 orang inipun berbondong-bondong memberikan kesannya pada IG prodi math bahwa mereka mendapatkan banyak pencerahan terutama tentang beribadah di bulan puasa karena kegiatan webinar ini.

Sedangkan pada sesi sore harinya, sesi kedua webinar dengan pemateri Sekretaris Majlis Tarjih Tajdid PCIM Mesir bernama Fathu Rabbani, Lc. yang dimoderatori oleh Adi Slamet Kusumawardana, M.Si yang merupakan sekretaris prodi Pendidikan Matematika UMM. Pada kajian kedua ini semakin memperkuat pengetahuan peserta webinar bahwa sesungguhnya Matematika dan Islam saling berkaitan.Contoh-contoh keterkaitan matematika dan Islam dipaparkan cukup banyak oleh Bapak Fathu. Ayat-ayat Al-Quran dikaji dan banyak didapati teori-teori matematika di dalamnya. Hal ini semakin membuka pengetahuan peserta webinar yang kebanyakan mahasiswa pendidikan matematika untuk semakin mencintai matematika.

Nantikan kembali webinar lanjutan yang InshaAllah akan diadakan kembali. Salam Matematika dan Islam. Jangan lupa Follow IG Math untuk memperoleh informasi-informasi terbaru kami.

ditulis oleh AFJ

Shared: