Mahasiswa Pendidikan Matematika UMM Raih Bronze Medal dan Favorite Video di Lomba Essay Nasional IDEA FEST 2

Rabu, 14 Agustus 2024 22:42 WIB   Pendidikan Matematika

Pada tanggal 27-28 Juli 2024, mahasiswa Pendidikan Matematika UMM mendelegasikan 2 tim dalam mengikuti Lomba Essay Tingkat Nasional pada IDEA FEST 2 yang diselenggarakan oleh  Institut Pertanian Yogyakarta bertempat di Yogyakarta. Mereka membawakan materi Essay yang membahas bagaimana proses berpikir relasional siswa dalam menyelesaikan masalah kontekstual. Tujuan dari dibentuknya Essay ini sendiri untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan meningkatkan kreativitas dan inovasi. Selain itu, keterkaitan kepenulisan Essay ini dengan dunia Matematis adalah masalah kontekstual yang berhubungan dengan Matematika, bagaimana proses berpikir relasional siswa ini dalam menyelesaikan masalah kontekstual matematika

Tim tersebut terdiri dari mahasiswa Pendidikan Matematika angakatan 2021 yang dibagi menjadi 2 tim, yaitu :
TIM 1 :
Syafrida Azmi Aulia
Annisa Khoirunnillah
TIM 2 :
Annisa Khoirunnillah
Fitrotun Nisa
Auliya Lely

Mereka juga menjelaskan kesan dan tanggapan juri kepada mereka. "Juri sangat meberi kesan yang sangat baik dan juga memberikan saran-saran pengembang kepada kami agar lebih dapat mengembangkan karya ini" tutur Syafirda Azmi Aulia.

Tim 1 juga sedikit menjelaskan tentang penelitian mereka dimana proses penyelesaian masalah matematika selalu dikaitkan dengan cara siswa berpikir dan bernalar dalam proses pembelajaran, sehingga pengembangan pembelajaran matematika lebih mengutamakan pada kemampuan berpikir yang analitis, kritis, logis, sistematis serta kreatif. Tujuan dari berpikir tentang matematika adalah untuk memberikan bekal kepada siswa dalam penggunaan matematika di kehidupan sehari-hari. Salah satu proses berpikir tingkat tinggi yaitu siswa dapat mengaitkan antar konsep dari pembelajaran sebelumnya dan diterapkan dalam proses penyelesaian suatu masalah yang diberikan, hal ini disebut sebagai berpikir relasional dan siswa dapat dikatakan telah berpikir relasional jika siswa mampu menghubungkan antar objek dan antar konsep, serta menggunakan tanda sama dengan sebagai bentuk relasi dalam proses penyelesaian masalah. Berdasarkan uraian di atas diketahui bahwa dalam proses pembelajaran matematika dengan memberikan permasalahan yang berkaitan dengan kehidupan sehari hari kepada siswa merupakan hal yang sangat penting untuk dikuasai. Hal ini merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam proses penyelesaian masalah. Selain itu, salah satu fokus pembelajaran matematika adalah kemampuan siswa dalam mengaitkan antar konsep dari pembelajaran sebelumnya dan digunakan dalam proses penyelesaian suatu masalah yang diberikan.

tak lain juga Tim 2 sedikit menjelaskan bahwa Essay yang mereka bawakan tentang media pembelajaran yang ditujukan untuk siswa smp. Terdapat berbagai macam pelajaran yang kita dapatkan mulai dari sekolah dasar hingga pada perguruan tinggi, salah satunya ialah matematika. Matematika mempunyai peranan penting dalam berbagai displin ilmu dan memajukan daya pikir manusia. Ilmu matematika yang sering dianggap susah dan kurang menyenangkan yang menjadi latar belakang kami menulis essay ini agar bisa di terapkan pada dunia pendidikan untuk membuat kalangan siswa merasa nyaman jika belajar matematika sambil bermain. Menumbuhkan sikap aktif dalam belajar pada diri siswa tidaklah mudah, metode pembelajaran harus diciptakan dengan kreatif oleh seorang pengajar.  Diharapkan dapat selalu mengatasi permasalahan yang dihadapi siswanya dalam proses pembelajaran. Suasana belajar yang menyenangkan serta membuat siswa lebih berminat dan termotivasi untuk belajar sehingga aktivitas siswa dalam belajar meningkat. fasilitator yang berasal dari guru dapat memberikan dukungan terhadap terciptanya proses pembelajaran kondusif, agar siswa mampu belajar secara aktif menuju belajar yang mandiri. Dalam mengembangkan kemampuan berpikir logis, kreatif, dan imajinatif maka peranan bermain sambil belajar memiliki peran penting. Guru dapat memilih pendekatan metode pembelajaran matematika, serta merancang bermain sambil belajar matematika di kelas.Terdapat banyak tanggapan dari juri pada saat dilakukannya presentasi poster salah satunya media ini harus dikembangkan dengan baik dengan tahapan yang lebih efektif dan juga dibuat dengan cara jangkauan yang mudah untuk dijangkau publik.

Shared: