Sosiograph dalam Pembelajaran Matematika: Webinar Math Hari Pertama Sukses Dilaksanakan

Selasa, 19 Mei 2020 12:38 WIB   Administrator

Selasa- 19 Mei 2020. Pandemi Covid-19 masih belum berakhir namun hal ini bukan menjadi halangan bagi Prodi Pendidikan Matematika untuk tetap berkarya. Sebagai bentuk kepatuhan terhadap peraturan pemerintah untuk beraktivitas di rumah, Prodi Pendidikan Matematika melaksanakan seminar secara online/ daring yang sering disebut sebagai Webinar. Webinar math sedianya direncanakan dalam empat hari kedepan.

Webinar pertama dilaksanakan pada hari ini Selasa 19 Mei 2020. Adapun tema yang diangkat adalah Sosiograph: Jalur Persahabatan dalam Kelas Matematika. Pemateri pada webinar 1 ini adalah Bapak Dr. Sri Adi Widodo, M.Pd yang merupakan dosen Pendidikan Matematika Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta, yang dimoderatori oleh Ibu Arif Hidayatul Khusna, M.Pd selaku dosen Pendidikan Matematika UMM. Sosiograph yang awalnya merupakan research untuk melihat jejaring di dunia IT yaitu jaringan persahabatan pada dunia virtual, oleh Bapak Dr. Sri Adi Widodo diterapkan dalam konteks pembelajaran matematika. Dengan melihat jalur persahabatan pada kelas matematika, sosiograph ini dapat digunakan oleh guru sebagai referensi dalam menentukan pembagian kelompok siswa/mahasiswa dan memilih metode pembelajaran yang tepat.

Webinar ini tidak hanya berjalan satu arah dari pemteri kepada peserta namun juga terdapat kegiatan interaktif, dimana peserta langsung diajak berinteraksi dalam mengisi form dan langsung dipraktekkan bentuk sosiograph yang terjadi. Sedianya target kuota peserta yang kami sediakan adalah 150 peserta namun karena banyaknya permintaan untuk mengikuti webinar ini maka peserta kami ijinkan sampai mencapai 202 peserta. Peserta terdiri dari mahasiswa, guru, maupun dosen dari berbagai daerah. Sampai dengan satu jam kegiatan berlangsung, webinar yang dikomandani oleh Ibu Siti Khoiruli Ummah, M.Pd ini sukses dilaksanakan.

Jangan lupa untuk mengikuti webinar selanjutnya ya. Silahkan kunjungi IG prodi Pendidikan Matematika UMM: @math_umm untuk informasi lebih lengkap.

 

ditulis oleh AFJ

Shared: