Tak Kalah Ramai Webinar Maraton Math Hari Kedua dan Ketiga

Kamis, 21 Mei 2020 12:23 WIB   Administrator

Malang -Peserta Webinar Math masih semangat mengikuti Webinar bertajuk Pembelajaran Matematika dan Islam. Ditunjukkan dengan antusiasme peserta untuk mengikuti kegiatan ini di hari kedua dan ketiga, tanggal 20 Mei 2020 dan 21 Mei 2020 berturut-turut. Jumlah peserta di hari kedua sebanyak 137 audience dan hari ketiga sebanyak 132 audience.

Pemateri webinar kedua yang bertema "Islamisasi Pendidikan Matematika dan Pembelajaran Matematika Daring yang Menarik" ini adalah seorang kandidat PhD dari University Teknologi Malaysia pada jurusan School of Education. Beliau bernama Muhammad Ammar Naufal, S.Pd, M.Ed. Sedangkan moderatornya adalah Ibu Siti Khoruli Ummah, M.Pd selaku dosen Prodi Pendidikan Matematika UMM sekaligus ketua pelaksana kegiatan webinar maraton ini.

Materi yang disampaikan oleh Bapak Ammar ini sungguh menarik. Peserta dibukakan pemikiran bahwa Matematika dan Islam adalah dua hal yang terikat satu sama lainnya. Matematika yang saat ini dianggap oleh sebagian siswa sebagai pelajaran yang sulit karena tidak mengetahui makna bahwa matematika itu sendiri ada di alam dan kehidupan sehari-hari mereka. Sebagai contoh hadis Bukhari dan Muslim, Rabb kita turun ke langit dunia setiap malam yaitu ketika sepertiga malam terakhir, Allah berfirman "Barangsiapa yang berdoa kepadaKu niscaya akan aku kabulkan. Barang siapa meminta kepadaKu niscaya akan aku penuhi, dan barangsiapa yang memohon ampun kepadaKu niscaya aku ampuni".   "Bagi seseorang yang tidak memahami matematika yaitu pecahan, dia tidak akan tahu kapankah sepertiga malam itu. Begitulah salah satu contoh bahwa matematika dan Islam itu berkaitan", Jelas Bapak Ammar. Beliau juga menegaskan bahwa dengan pendidikan matematika bukan hanya bertujuan untuk mencari pekerjaan atau uang namun untuk menerapkan nilai-nilai Islam yang terkandung didalamnya pada kehidupan sehari-hari.

Sama halnya dengan webinar hari pertama, kegiatan ini dilakukan secara dua arah. Terdapat kegiatan interaktif yang dilakukan oleh peserta yakni berupa pengisian angket yang diberikan oleh pemateri. Angket tersebut bertujuan membawa peserta webinar untuk ikut menyadari bahwa matematika ada disekitar kita.

Tak kalah menarik, webinar ketiga bertajuk "Kuliah Daring: Antara Tantangan dan Harapan" dengan pemateri Ibu Rahmatya Nurmeidina, M.Pd yang merupakan Ketua Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Banjarmasin. Dan moderatornya adalah Ibu Reni Dwi Susanti, M.Pd dosen Pendidikan Matematika UMM. Materi pada webinar ketiga ini mengupas kondisi pembelajaran pada pandemi covid-19 saat ini yang harus dilakukan secara daring. Ibu Rahmatya menjelaskan berbagai hasil penelitian tentang pembelajaran daring, kesulitan maupun ide kreatif yang dilakukan untuk tetap melaksanakan pembelajaran sebaik-baiknya. "Ibu Tya mewakili perasaan kami sebagai mahasiswa bahwa pembelajaran daring ini menjadi tantangan tersendiri dan berharap dosen menggunakan video tentang materi pada pembelajaran sehingga membuat kami paham" kesan salah satu audience mahasiswa.

So, jangan ketinggalan ya untuk webinar math besok. Hari terakhir yang akan ditayangkan dalam dua sesi. Dan tak kalah menarik. Info lebih lanjut simak IG @math_umm.

 

ditulis oleh AFJ

Shared: