UMM RAIH PTS NOMER 1 PENDANAAN PKM TERBANYAK, 4 PROPOSAL DARI PRODI PENDIDIKAN MATEMATIKA

Jum'at, 21 Mei 2021 11:34 WIB   Administrator

 

  

Malang- Perguruan tinggi mana yang tidak mengenal PKM, Program Kreativitas Mahasiswa, yang merupakan ajang bergengsi besutan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. Pada tanggal 7 Mei 2021, Dikti telah mengumumkan proposal PKM yang akan didanai. Total 368 Perguruan Tinggi di seluruh Indonesia baik negeri maupun swasta yang mendapatkan pendanaan.

               Dari total pendanaan tersebut, Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) masuk kedalam 20 besar urutan perguruan tinggi yang PKM lolos didanai terbanyak. UMM berada pada urutan ke-10 dengan total proposal yang didanai sebanyak 102 proposal. Selain itu, UMM merupakan kampus swasta yang berada di urutan nomor 1 untuk pendanaan proposal PKM terbanyak. Peraihan UMM sehingga dapat melejit seperti tahun ini adalah berkat usaha dan kerja keras dari berbagai pihak baik itu pimpinan, bidang kemahasiswaan, dosen, mahasiswa, maupun program studi.

               Program studi Pendidikan Matematika menyumbang 4 proposal PKM yang berhasil lolos didanai. Proposal pertama dengan skim PKM-PM (Pengabdian Kepada Masyarakat) berjudul “Pemberdayaan Karang Taruna untuk Pendirian Kampung Budaya Jaranan dan Reog” yang diketuai oleh Rizky Devi Aprilia dengan dosen pembimbing Ibu Anis Farida Jamil, M.Pd. Dua proposal yang lolos dengan skim PKM-RSH (Riset Sosial Humaniora), pertama berjudul “Efektivitas Virtual Reality Berbasis Ethnomatika Untuk Meningkatkan Kemampuan Spasial Siswa” dengan ketua Hanna Latifah dan dosen pembimbing Bapak Adi Slamet Kusumawardana, M.Si.  PKM-RSH kedua berjudul “Eksplorasi Relational Thinking Skill dalam Penyelesaian Masalah Transformasi Geometri Virtual Melalui Aplikasi Berbasis Android” dengan ketua Sahrul Ramadhan dan dosen pembimbing Ibu Siti Khoiruli Ummah, M.Pd. Proposal keempat dengan skim PKM-KC (Karsa Cipta) dengan judul “Smart Sensor Irrigation System sebagai Pintu Pengairan Sawah Otomatis” yang diketuai oleh Saifulla Amin dan dosen pembimbing Ibu Minatun Nadlifah, M.Pd.

               Raihan proposal PKM Prodi Pendidikan Matematika yang didanai ini mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya. Sudah dua periode PKM prodi pendidikan matematika berhasil menuju PIMNAS walau belum bisa menjuarai PIMNAS. Pada tahun ini besar harapan, Prodi Pendidikan Matematika UMM bisa masuk kembali pada ajang PIMNAS dan berhasil juara dengan keempat jagoan proposal PKM yang telah berhasil didanai tersebut. Selamat untuk prodi dan mahasiswa pendidikan matematika UMM yang telah berjuang dan semangat terus sampai menjadi juara.

Shared: