Dosen Pendidikan Matematika FKIP UMM Meneliti Kreativitas Guru PPG

Selasa, 27 Februari 2024 01:22 WIB   Pendidikan Matematika


 

Tim peneliti dosen dan mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Malang telah berkolaborasi dengan  dosen Pendidikan Matematika Universitas Madura. Kolaborasi penelitian ini dilaksanakan pada Juli 2023 hingga Februari 2024. Para peneliti mengalisis kreativitas guru dalam mengembangkan LKPD berorientasi masalah matematika melalui kegiatan PPG. 

Saat ini kreativitas sangat diperlukan untuk segala bidang. Kreativitas guru juga diperlukan dalam merancang pembelajaran guna mendorong capaian matematika siswa yang lebih tinggi. Rancangan pembelajaran dapat diwujudkan melalui kegiatan belajar siswa yang dikemas pada LKPD (Lembar Kegiatan Peserta Didik).

Terdapat tiga kategori kreavitas guru dalam mengembangkan LKPD, yakni imitasi, modifikasi, dan konstruksi. Namun demikian, imitasi dan modifikasi mendominasi kreavitas guru dalam mengembangkan LKPD. Padahal kegiatan PPG telah memfasilitasi guru untuk mengembangkan kreativitas guru dalam merancang inovatif melalui lokakarya. Oleh sebab itu, diharapkan kepada guru untuk lebih mengembangkan potensi kreativitasnya melalui kegiatan PPG yang dapat bermanfaat untuk meningkatkan kompetensi yang berguna di masa depan

Shared: