In action: Mahasiswa UMS Belajar Seru bersama Dosen Tamu dari UMM

Jum'at, 28 Juni 2024 09:27 WIB   Pendidikan Matematika

Program Studi Pendidikan Matematika FKIP-UMM diundang menjadi dosen tamu di Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) pada Tanggal 26 Juni 2024. Kegiatan kuliah tamu dengan mendatangkan dosen tamu ini merupakan salah satu kegiatan pada Program Kompetisi Kampus Merdeka dimana Program Studi Pendidikan Matematika UMS mendapatkan hibah tersebut. Kegiatan kuliah tamu dilaksanakan pada perkuliahan Perancangan Aplikasi Pembelajaran Matematika yang berlangsung selama 2 pertemuan dan melibatkan 2 kelas Angkatan 2022. Dosen tamu dipilih berdasarkan bidang penelitian maupun pengajaran yang disesuaikan dengan keahlian, dalam hal ini pengembangan media pembelajaran. Siti Khoiruli Ummah, M.Pd atau akrab dipanggil Bu Uli adalah salah satu dosen yang diminta untuk mengajar sebanyak 2 pertemuan dimana pertemuan pertama dilaksanakan secara luring pada Tanggal 26 Juni 2024 dan pertemuan kedua dilaksanakan secara daring pada Tanggal 3 Juli 2024. Materi pertemuan pertama adalah tahap akhir penyelesaian aplikasi pembelajaran dalam bentuk game dengan melakukan konversi ke file .apk sehingga dapat dioperasikan pada smartphone. Materi pertemuan kedua adalah validasi game yang telah dibuat dimana dosen bertugas memberikan masukan maupun saran terhadap game yang telah dikembangkan.

 

Pelaksanaan perkuliahan berjalan lancar, dibuka oleh kaprodi Pendidikan Matematika FKIP-UMS yaitu Bapak Dr. Muhammad Noor Kholid, S.Pd., M.Pd. Perkuliahan juga mendapat pendampingan langsung oleh dosen pengampu mata kuliah perancangan aplikasi pembelajaran matematika yaitu Muhamad Toyib, S.Pd., M.Pd. dan Ikhsan Dwi Setyono, S.Pd., M.Pd.

 

Aplikasi yang digunakan dalam pembuatan game dibebaskan kepada mahasiswa. Game sederhana paling banyak dikembangkan dengan aplikasi Scratch dan Kodular. Selain itu, terdapat aplikasi Thunkbell, Wordwall dan lainnya. Materi matematika yang digunakan sebagai topik game sangat variatif dan didominasi oleh materi operasi bilangan bulat. Adapun game ini diperuntukkan pada siswa SMP. Mahasiswa sangat antusias menyimak materi yang disampaikan dan melakukan praktik langsung konversi ke file .spk. Selama pelaksanaan kuliah tamu, mahasiswa diberikan brainstorming terlebih dahulu tentang esensi media pembelajaran yang memuat game. Dosen tamu memberikan kasus pembelajaran matematika dengan sarana dan prasarana yang kurang memadai. Mahasiswa diminta menuangkan ide pembelajaran yang disarankan jika terdapat kasus kurangnya sarana dan prasarana pembelajaran pada kertas presentasi. Terlihat mahasiswa merespon positif terhadap jalannya perkuliahan sehingga mahasiswa merasa mendapat pengalaman baru yang menyenangkan selama perkuliahan.

Shared: