Inkubator Bisnis dalam Ekosistem Kewirausahaan Inovatif PT melalui FGD yang Melibatkan Dosen UMM

Kamis, 25 Januari 2024 02:22 WIB   Pendidikan Matematika

Pada hari kamis, 25 Januari 2024 dilaksanakan Focus Group Discussion (FGD) di UMM dengan mengundang dua narasumber yaitu Bapak Erwin Indra Wijaya, S.E, M.AP sebagai kepala UPT Pelatihan Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Timur dan Bapak Felix Pasila, Ph.D dari Universitas Petra. Kegiatan ini dilakukan dengan melibatkan Bapak/Ibu dosen perwakilan prodi dan Fakultas. 
Harapannya kegiatan ini bisa menjadi kegiatan penunjang inkubator bisnis. Inkubator bisnis itu sendiri adalah suatu Lembaga yang bertujuan untuk mempercepat perkembangan bisnis bagi pemula.



Bapak Felix Pasila, Ph.D menyampaikan bahwa aturan dalam mengembangkan ekosistem yang inovatif: a) Membangun kolaborasi antara ide perguruan tinggi dan investor, b) melakukan kolaborasi dengan komunitas investor nasional dan internasional, dan c) paten database. Pesan sekilas dari Pak Felix yaitu Be different, a dreamer dan focus on goal. Selanjutnya, Bapak Erwin juga menambahkan bahwa sinergi yang pas harus ditumbuhkan untuk mencapai inkubasi bisnis yang berhasil. Banyak pertanyaan juga dari peserta FGD, terutama berkaitan dengan mencari investor yang bisa mengajak Kerjasama dengan proyek yg sudah dikerjakan oleh dosen dan mahasiswa. Harapannya, setelah kegiatan ini akan ada tindak lanjut antara DPPM, Prodi, HKI dan Lembaga lain yang relevan untuk menunjang ekosistem kewirausahaan yang inovatif.

Shared: