Kegiatan Matriks Mathematics Olympiad (MMO) 2024 oleh HMPS Matriks di Universitas Muhammadiyah Malang

Sabtu, 02 Maret 2024 00:55 WIB   Pendidikan Matematika

Matriks Mathematics Olympiad (MMO) merupakan kegiatan olimpiade yang ditujukan untuk siswa SMP dan SMA/Sederajat se-Indonesia dengan penanggung jawab Alya Maisara. Kegiatan ini berlangsung selama 2 hari dengan agenda berupa penyisihan yang dilaksanakan secara online melalui website dan semifinal & final secara offline di Aula BAU yang mempunyai tujuan untuk mengembangkan dan melatih kemampuan berpikir siswa, meningkatkan tingkat kompetensi akademik dalam rangka memberikan motivasi belajar di bidang Matematika, mendukung program pembinaan siswa untuk menghadapi Olimpiade khusunya di bidang Matematika, dan memperkenalkan Program Studi Pendidikan Matematika serta HMPS MATRIKS UMM. 

 

Pada tanggal 17 Februari 2024 dilaksanakan babak Penyisihan MMO 2024 secara online, Penyisihan dilakukan dengan melalui website dan zoom dengan durasi pengerjaan 50 menit. Babak Penyisihan diawasi oleh sebagian panitia melalui zoom dengan cara peserta menyalakan kamera dan dibagi kedalam beberapa room zoom.

 

Pada tanggal 2 Maret 2024 dilaksanakan babak Semifinal dan Final MMO 2024 secara offline di Kampus III Universitas Muhammadiyah Malang. Diawali chek-in oleh peserta dengan memberikan bukti berkas yang telah ditentukan oleh panitia, dilanjutkan dengan pembukaan acara oleh panitia yang bertugas di Aula BAU. Setelah itu, peserta diarahkan menuju laboratorium komputer di ruang Laboratorium A & B GKB 2 untuk mengerjakan soal semifinal selama 35 menit. Kemudian diumumkan peserta yang lolos ke babak final, bagi peserta yang tidak lolos akan diarahkan ke Aula BAU untuk melakukan ice breaking dan pengambilan sertifikat peserta Semifinal dan untuk peserta yang lolos diarahkan untuk melakukan ishoma. Untuk peserta yang lolos babak final, dilanjutkan pengarahan peserta ke ruang kelas 101&105 untuk pengerjaan soal final selama 30 menit dan presentasi kepada dewan juri. Setelah dilakukan hasil rekap nilai babak final oleh panitia yang bertugas, kemudian diumumkan juara 1, 2, 3, harapan 1, dan harapan 2 peserta MMO SMP/Sederajat & SMA/Sederajat dan diakhiri dengan penutupan oleh panitia yang bertugas.

Shared: