Kegiatan Pengabdian Dosen Prodi Pendidikan Matematika di SMP Muhammadiyah 3 Kepanjen

Rabu, 20 September 2023 05:45 WIB   Pendidikan Matematika

Tim Pengabdian Dosen Program Studi Pendidikan Matematika FKIP-UMM mengadakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di SMP Muhammadiyah 3 Kepanjen. Kegiatan ini bermula dari kunjungan salah satu anggota tim pengabdian yaitu Ibu Reni Dwi Susanti, M.Pd ke sekolah dan mewawancarai kepala sekolah tentang kebutuhan pelatihan untuk sekolah. Kepala SMP Muhammadiyah 3 Kepanjen sangat tertarik dan menyambut kegiatan ini dalam rangka peningkatan mutu pembelajaran di sekolah.

Analisis kebutuhan yang dapat disimpulkan dari hasil wawancara yaitu perlunya pelatihan serta pendampingan guru SMP Muhammadiyah 3 Kepanjen dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka. Hal ini dikarenakan sekolah sangat kurang dalam hal partisipasi pelatihan maupun workshop. selain itu, guru perlu memahami lebih lanjut esensi pembelajaran dalam kurikulum merdeka. Guru juga berpendapat bahwa modul ajar belum sepenuhnya paham terkait template maupun cara menyusunnya.

Selama ini, guru menerapkan kurikulum merdeka dengan teknis yang sama dengan kurikulum 13. Guru juga belum berpengalaman dalam membuat media pembelajaran karena biasanya guru menggunakan media dari Youtube untuk secara langsung digunakan dalam pembelajaran. Oleh sebab itu, tim dosen menggandeng tim pengabdian kepada masyarakat oleh mahasiswa (PMM) untuk memberikan pelatihan dan pendampingan guru dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka melalui penyusunan modul ajar dan media pembelajaran.

Kegiatan pelatihan diawali dengan pemaparan materikulasi tentang Kurikulum Merdeka yang disampaikan oleh Bapak Dr. Moh. Mahfud Effendi, M.M. Materi Literasi Numerasi disampaikan oleh Bapak Drs. Hendarto Cahyono, M.Si dan materi modul ajar disampaikan oleh Ibu Reni Dwi Susanti, M.Pd. Kegiatan dibuka oleh ketua tim pengabdian yaitu Bapak Marhan Taufik, M.Si. dan diikuti secara antusias oleh 18 guru pada Tanggal 19 September 2023 pukul 10.00.

Guru yang hadir juga berasal dari Madrasah Boarding School dan kepala Madrasah Aliyah yang berlokasi sama dengan SMP Muhammadiyah 3 Kepanjen. Di akhir kegiatan, disampaikan teknis pendampingan penyusunan modul ajar dan media pembelajaran oleh Ibu Siti Khoiruli Ummah, M.Pd. Teknis pendampingan juga akan dibantu oleh tim PMM dalam hal penyusunan cover dan template modul ajar maupun media pembelajaran. Selanjutnya, tim PMM diharapkan dapat mendampingi guru dalam penataan layout modul ajar maupun media pembelajaran sehingga tampak menarik dan konsisten.

Kepala SMP Muhammadiyah 3 Kepanjen, Bapak Endik Kuswanto, S.Pd menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat bagi guru di SMP Muhammadiyah 3 Kepanjen sehingga diharapkan Kurikulum Merdeka yang awalnya diimplementasikan di Kelas 7 saja bisa menyebar pada Kelas 8 dan Kelas 9. Kepala Sekolah juga menyampaikan bahwa kegiatan ini diharapkan tidak selesai dalam satu kali program tetapi merupakan program berkelanjutan dalam bentuk pendampingan penerapan modul ajar yang telah disusun untuk sebagai wujud kurikulum Merdeka

*SKU

Shared: