Kegiatan Pengabdian Prodi Pendidikan Matematika bersama MGMP Matematika Kota Batu

Kamis, 10 Agustus 2023 03:40 WIB   Pendidikan Matematika

Program Pengabdian kepada Masyarakat Tahun 2023 diselenggarakan di SMP Negeri 2 Batu pada Hari Kamis, 10 Agustus 2023. Program ini diketuai oleh Dosen Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP-UMM yaitu Siti Khoiruli Ummah, M.Pd dengan anggota Rizal Dian Azmi, M.Sc. dan Minatun Nadlifah, M.Pd. Selain tim dosen, program ini melibatkan tim Pengabdian kepada Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) yang diketuai oleh Amalia Hafizhah dengan anggota Alodia Aisha Pitaloka dan Kartika Wening Redati, mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika Angkatan 2020. 

 

Fokus kegiatan yang diberikan yaitu pengembangan instrumen Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) dengan peserta MGMP matematika SMP/MTs Kota Batu sebanyak 36 guru. Kegiatan awal dari program pengabdian adalah pendalaman materi tentang AKM yang disampaikan oleh Dr. Mohammad Syaifuddin, M.M. Guru terlihat antusias dalam kegiatan yang diawali dari pengisian Google form untuk pemahaman awal tentang AKM. Pada saat penyampaian materi, guru terlihat sangat aktif dengan melakukan tanya-jawab. Kepala SMP Negeri 2 Batu sekaligus sebagai Pembina MGMP Matematika SMP/MTs Kota Batu menyampaikan bahwa kegiatan ini sudah sangat dinantikan oleh guru sejak berakhirnya pandemi. Pengimbasan dari universitas diperlukan oleh guru untuk memahami isu terkini di bidang pendidikan dan pembelajaran matematika. 

 

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam bentuk pelatihan ini diawali dari materikulasi, review soal AKM yang dibuat oleh guru, bedah soal AKM dan pendampingan guru dalam menyusun soal AKM. Program ini akan berjalan selama 10 kali pertemuan dan diperkirakan selesai pada Bulan Desember 2023. Luaran dari kegiatan ini yaitu tersusunnya bank soal dan pembahasan AKM untuk diujicobakan pada siswa SMP/MTs Kota Batu. Bank soal dan pembahasan tersebut akan disusun dalam bentuk buku ber-ISBN.

 

*SKU

Shared: