Kolaborasi Dosen Prodi Pendidikan Matematika UMM dan MGMP Matematika SMP: Workshop Tentang Bilangan dan Strategi Pembelajarannya

Sabtu, 16 September 2023 05:59 WIB   Pendidikan Matematika

Kegiatan workshop matematika MGMP SMP di Mojokerto adalah salah satu kegiatan yang rutin diadakan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Mojokerto. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru matematika jenjang SMP/MTS di Kota Mojokerto. Kegiatan ini dilaksanakan pada Hari Rabu, 13 September 2023 di Mojokerto, Jawa Timur. Topik yang diangkat pada kegiatan ini yaitu tentang bilangan.

 

Pembelajaran tentang bilangan merupakan salah satu persoalan yang dihadapi oleh para guru di Kabupaten Mojokerto. Guru masih mengajarkan dengan deduktif kepada siswa sehingga matematika dirasa masih kurang kontekstual. Prof. Dr. Yus M.Cholily M.Si, Dosen Pendidikan Matematika UMM menyebutkan bahwa Kegiatan ini merupakan salah satu upaya atau jembatan bagi guru untuk bisa mengajarkan materi secara kontekstual. Sifat-sifat yang ada pada operasi bilangan dapat diajarkan lebih mudah dan kontekstual sehingga tidak terkesan mendoktrin kepada siswa.

 

Pada kegiatan tersebut juga terdapat penyerahan buku ajar “Teori Bilangan”, karya dari Bapak Hendarto Cahyono, M.Si dan Bapak Marhan Taufik, M.Si kepada Kepala Sekolah sekaligus pembina MGMP Mat Kab Mojokerto. Kegiatan ini dihadiri oleh guru matematika SMP yang berasal dari 41 SMP Negeri se Kab Mojokerto

Guru-guru yang mengikuti kegiatan ini merasa bahwa kegiatan ini perlu tindak lanjut dan merencanakan akan berkunjung ke Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) untuk menindaklanjuti kegiatan ini secara daring di Program Studi Pendidikan Matematika UMM.

 

*AAPR

 

 

 

 

Shared: