Kuliah Tamu III Prodi Pendidikan Matematika UMM

Jum'at, 26 Januari 2024 05:45 WIB   Pendidikan Matematika

Kuliah tamu III Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Malang telah diselenggarakan pada Hari Jumat, 19 Januari 2024. Bertemakan "Beda Perangkat Pembelajaran Matematika Kurikulum Merdeka", kuliah tamu yang secara hybrid ini mengundang peserta oke My Dormy Hostel UMM. Pemateri dari kegiatan kuliah tamu III ini yakni Ibu Farida Ulfa Nurhidayati, S.Si., M.Pd yang berasal dari instansi SMP Muhammadiyah 1 Malang. Beliau adalah guru matematika profesional sekaligus sebagai Wakil Kepala Kurikulum yang sangat menguasai Implementasi Kurikulum Merdeka.

 

Kurikulum Merdeka diterapkan saat ini di seluruh sekolah meskipun pada beberapa sekolah diterapkan di jenjang kelas tertentu. Kurikulum ini mempunyai perbedaan dengan kurikulum sebelumnya, yakni Kurikulum 2013. Mahasiswa terlihat sangat antusias untuk mengikuti acara ini karena materi yang disampaikan dapat dijadikan bekal pada saat kegiatan PLP II maupun tugas mata kuliah pendidikan yang akan ditempuh. Oleh karena itu, topik kuliah tamu III yakni "Bedah Perangkat Pembelajaran Matematika Kurikulum Merdeka"

 

Kegiatan diawali dari registrasi bagi peserta offline dan persiapan kondisi jaringan internet maupun perangkat bagi peserta online. Setelah kegiatan pembukaan dan menyanyikan Lagu Indonesia Raya dan Sang Surya, sambutan diberikan oleh Ketua Pelaksana Kuliah Tamu III, yakni Siti Khoiruli Ummah, M.Pd. Peserta online melalui aplikasi Zoom maupun offline diberikan link Worksheet sebagai bentuk penugasan untuk mengecek pemahaman peserta. Worksheet ini berisikan Capaian Pembelajaran, Tujuan Pembelajaran umum dan khusus, Indikator Capaian Pembelajaran, Fase, Elemen, Materi Pokok dan desain pembelajaran. Pemateri memberikan brainstorming tentang perbedaan kurikulum 2013 dan kurikulum merdeka dari aspek istilah yang digunakan, peraturan pemerintah yang digunakan, jenis perangkat pembelajaran, dan model pembelajaran inovatif yang disarankan.

File salinan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tentang Kurikulum Merdeka dibagikan kepada peserta untuk mengadopsi Capaian Pembelajaran. Peserta diminta untuk mengembangkan tujuan pembelajaran dan indikator capaian pembelajaran yang dipilih. Kuliah tamu III kali ini dibantu oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika, HMPS Matriks, untuk mendistribusikan materi, mengisi acara sampai pembuatan sertifikat.

Shared: