Mahasiswa Pendidikan Matematika UMM Raih Juara 2 di Lomba LKTI Nasional pada ANGKA (Ajang Kompetisi Matematika)

Jum'at, 11 Oktober 2024 12:21 WIB   Pendidikan Matematika

Pada tanggal 10-11 Oktober 2024, mahasiswa Pendidikan Matematika UMM mendelegasikan 1 tim dalam mengikuti Lomba LKTIN ANGKA (Ajang Kompetisi Matematika) yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Matematika (HMJ-MTK) Fakultas Sais & Teknologi UIN Alaudin Makassar. Lomba LKTIN denngan tema INTEGRAL (Increase Your Intelegence To Create Golden Matematican Generation) dan subtema pendidikan dan teknologi diikuti oleh tim Pendidikan Matematika UMM. LKTIN ini membahas tentang bagaimana berfikir kritis diterapkan dalam sebuah media pembelajaran yang kreatif, inovatif, dan interaktif. Tujuan dari dibentuknya karya tulis ilmiah ini sendiri untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan meningkatkan kreativitas dan inovasi siswa terutama pada pembelajaran matematika di tingkat siswa SMP. Selain itu, keterkaitan kepenulisan LKTI ini dengan dunia Matematis adalah masalah kontekstual yang berhubungan dengan Matematika, bagaimana proses berpikir relasional siswa ini dalam menyelesaikan masalah kontekstual matematika.

Tim yang mendelegasikan diri dari mahasiswa Pendidikan Matematika angakatan 2023, yaitu :
Aulia Firdaus Azzahra
Meisya Andjani Nagaya Dara

Mereka juga menjelaskan kesan dan tanggapan juri kepada mereka. "Juri sangat meberi kesan yang sangat baik dan juga memberikan saran-saran pengembangan dan juga saran-saran penelitian-penelitian yang dapat dilakukan selanjutnya kepada kami agar lebih dapat mengembangkan karya ini" tutur Aulia Firdaus Azzahra.

Tak lain juga mereka sedikit menjelaskan bahwa LKTIN yang mereka bawakan tentang pengembangan media pembelajara yang ditujukan untuk siswa SMP kelas 7 dengan berfokuskan pada pembelajaran matematika materi bilangan bulat. Matematika memiliki peran penting terhadap berpikir kritis seseorang, sehingga latar belakang kami menulis LKTI ini dikarenakan agar menciptakan suatau pembelajaran yang praktis dan interaktif antar siswa dan guru dengan media pembelajaran yang menarik, inovatif, dan menyenangkan. Diharapkan siswa dapat menggunakan pemikiran kritis dalam setiap pemeahan-pemecahan permasalahan matematika dengan mudah serta tujuan pengembangan media ini ditujukan agar memudahkan pembelajaran siswa dimana saja dengan jangkauan yang mudah dicapai.

Shared: