Mahasiswa Pendidikan Matematika UMM Raih Silver Medal di Lomba GENESIS Universitas Mataram

Minggu, 14 Juli 2024 01:41 WIB   Pendidikan Matematika

Pada tanggal 6-7 Juli 2024, sekelompok mahasiswa Pendidikan Matematika UMM mengikuti Lomba GENESIS (Gebyar Nasional Essay Siswa dan Mahasiswa). Bertempat di Universitas Mataram, mereka membawakan Essay yang membahas tentang media pembelajaran karena siswa SMP lebih tertarik belajar menggunakan media. Penggunaan media pembelajaran membuat suasana belajar matematika lebih menarik dengan cara bermain yang asik. Tujuan dari media pembelajaran ini sendiri untuk meningkatkan pemahaman dalam belajar bangun ruang seperti mengingat rumus maupun ciri-ciri pada bangun datar tersebut.

 

Tim tersebut terdiri dari mahasiswa Pendidikan Matematika angakatan 2022 yaitu Annisa Khoirunnillah, Rahma Fitri Inadi, Aida Aulia Sekti Asih, Dwi Erlinawati dan Makrifatul Khoiriyah. Mereka juga menjelaskan kesan dan tanggapan juri kepada mereka. 

 

"Pada sesi presentasi poster kami mendapat saran yaitu untuk pembuatan aplikasi atau website permainan yang dapat mudah diakses secara online oleh platform apapun," tutur Annisa Khoirunnillah.

 

Rahma Fitri Inadi menambahkan, "Juri juga memberikan saran kepada kami untuk lebih mengembangkan karya ini dengan cara mengikuti kegiatan nasional lainnya yang dapat membranding produk permainan kami,"

 

Bidang matematika sendiri juga memiliki keterkaitan dengan permainan Ludo terutama dalam materi ruang datar, melalui penarapan geometri bidang datar pada desain papannya. Penggunaan koordinat untuk menentukan posisi pion, serta penerapan transformasi geometri seperti translasi dan rotasi saat pion bergerak. Setiap angka pada dadu memiliki peluang muncul yang sama ini mengajarkan dasar-dasar probabilitas dan statistik. Pemain dapat menggunakan probabilitas untuk membuat keputusan strategis, seperti memutuskan pion mana yang sebaiknya digerakkan berdasarkan kemungkinan hasil lemparan dadu. Pemain harus menjumlahkan angka pada dadu untuk menentukan berapa banyak langkah pion yang bisa diambil, serta menghitung jarak yang tersisa untuk mencapai tujuan. Setiap angka pada dadu memiliki peluang muncul yang sama Ini mengajarkan dasar-dasar probabilitas dan statistik. Jalur yang ditempuh oleh pion dari titik awal hingga titik akhir bisa dianalisis sebagai jalur atau siklus dalam graf, memberikan wawasan tentang pergerakan dan strategi.

Shared: