Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika UMM Menghasilkan Produk yang Kreatif dan Inovatif Berbasis CoE

Jum'at, 28 Juli 2023 03:20 WIB   Pendidikan Matematika

Berita menggembirakan datang dari mahasiswa Program Studi (Prodi) Pendidikan Matematika di Muhammadiyah Malang (UMM). Mereka telah menciptakan produk media pembelajaran yang menarik dan inovatif dalam matakuliah "Sumber Belajar dan Media Pembelajaran". Proses pembuatan media tersebut didampingi oleh Ibu Siti Khoruli Ummah, M.Pd, yang merupakan dosen pembimbing mereka dalam proyek ini.

 

Berikut adalah beberapa keunggulan dari media pembelajaran yang berhasil dihasilkan oleh mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika:

 

1. Kualitas Background Gambar yang Tajam dan Menarik: Media pembelajaran menggunakan gambar-gambar dengan kualitas yang tajam dan tema yang menarik. Hal ini dapat menambah daya tarik visual bagi pengguna dan membantu memperjelas konsep yang disampaikan.

 

2. Interaktif dengan Penggunaan Tombol dan Kuis Online: Media pembelajaran ini didesain dengan fitur interaktif, seperti tombol-tombol yang memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan konten. Selain itu, adanya kuis online juga akan meningkatkan keterlibatan pengguna dalam proses pembelajaran.

 

3. Latihan Soal yang Memudahkan Pengecekan Jawaban: Terdapat latihan soal di dalam media, yang memungkinkan pengguna untuk menguji pemahaman mereka terhadap materi yang dipelajari. Lebih menarik lagi, media ini juga memberikan kemudahan bagi pengguna untuk memeriksa jawaban yang telah mereka berikan.

 

4. Simulasi Interaktif dari Setiap Materi: Media pembelajaran ini juga menawarkan simulasi interaktif untuk setiap materi yang disampaikan. Simulasi ini akan membantu pengguna dalam memahami konsep matematika secara lebih visual dan praktis.

 

5. Kuis Interaktif dengan Tipe Soal AKM (Aplikasi Keterampilan Matematika): Terdapat kuis interaktif dengan tipe soal AKM yang dapat digunakan sebagai evaluasi akhir dari materi yang disajikan pada media. Dengan adanya kuis ini, pengguna dapat mengukur sejauh mana pemahaman mereka terhadap materi pelajaran.

Di akhir perkuliahan, terdapat satu pelatihan video pembelajaran interaktif menggunakan aplikasi After Effect dengan pemateri pakar dari mocca studio. luaran kuliah tamu berupa video tutorial pembelajaran yang dijadikan output perkuliahan desain grafis

 

Inovasi yang ditunjukkan oleh mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika ini merupakan contoh yang menginspirasi dan berpotensi meningkatkan kualitas pembelajaran di bidang pendidikan matematika. Media pembelajaran yang interaktif, menarik, dan berkualitas seperti ini dapat menjadi sarana yang efektif dalam membantu proses pembelajaran mahasiswa dan meningkatkan pemahaman mereka terhadap materi-materi yang diajarkan. Selain itu, lebih lanjut kegiatan ini dapat mensupport program CoE prodi Pendidikan matematika. 

*AAPR

Shared: