Mahasiswi Pendidikan Matematika Semester VII Sukses Tempuh Sidang Akhir melalui Publikasi Ilmiah di Jurnal Bereputasi

Sabtu, 19 Oktober 2024 12:53 WIB   Pendidikan Matematika

Seorang mahasiswi aktif program studi Pendidikan Matematika angkatan 2021 berhasil memenuhi kewajiban tugas akhirnya dengan menyelesaikan sidang akhir skripsi di semester VII melalui jalur ekuivalensi publikasi karya ilmiah. Mahasiswi bernama Zharla Zetira Aszahra, atau yang akrab disapa Zharla, memenuhi syarat untuk melaksanakan sidang skripsi karena ia telah berhasil menerbitkan artikel ilmiah di jurnal bereputasi nasional Sinta 4. Selama beberapa bulan terakhir, Zharla fokus dalam penulisan artikel ilmiah dan akhirnya berhasil menerbitkan karyanya di Jurnal Prismatika milik IKIP Budi Utomo Malang, sebuah jurnal bereputasi yang diakui.

Pada sidang akhirnya yang dilaksanakan pada 18 Oktober 2024 secara hybrid, Zharla mempresentasikan isi artikelnya yang berjudul "Kemampuan Koneksi Matematis dalam Menyelesaikan Masalah Matematika" di hadapan para penguji. Ia menjelaskan kontribusi serta implikasi dari hasil penelitiannya terhadap pengembangan ilmu pendidikan matematika. Para penguji memberikan apresiasi atas upayanya dalam memenuhi persyaratan publikasi hingga pelaksanaan sidang akhir skripsi, sekaligus memberikan masukan berharga terkait penelitian yang dilakukannya sebagai bekal untuk pengembangan kemampuan menulis ilmiah di masa depan.

Jalur ekuivalensi publikasi ini merupakan salah satu program tugas akhir yang ditawarkan oleh Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Malang bagi mahasiswa yang mampu menunjukkan kapasitas akademik lebih melalui karya ilmiah. Selain sebagai syarat untuk memperoleh gelar Sarjana, program ini diharapkan dapat memotivasi mahasiswa agar lebih aktif dalam penelitian dan kepenulisan, serta mempersiapkan mereka untuk terlibat langsung dalam komunitas akademik. Melalui pencapaian ini, Zharla tidak hanya berhasil menyelesaikan tugas akhirnya lebih awal, tetapi juga berkontribusi dalam pengembangan ilmu pendidikan matematika melalui publikasi akademik. Diharapkan pencapaian ini dapat menginspirasi rekan-rekan mahasiswa lainnya bahwa penelitian dan publikasi tidak hanya memberikan nilai akademis, namun juga membawa manfaat yang luas bagi dunia pendidikan.

Shared: