Menuju Pendidikan Digital Unggul: Kolaborasi dengan 8 Doktor Baru FKIP UMM

Sabtu, 04 Mei 2024 21:51 WIB   Pendidikan Matematika

Sehubungan dengan memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), FKIP Universitas Muhammadiyah Malang mempersembahkan gelaran International Conference on Education, Teacher Training, and Professional Development (ICE-TPD). Kegiatan ini dilaksanakan secara hybrid pada Kamis, 2 Mei 2024, dengan tema “Transforming Education through Continuous Professional Teacher Development to Attain SDG’s”.

Pada pembukaan acara tersebut, Dekan FKIP UMM, Prof Dr Trisakti Handayani MM, mengungkapkan tujuan utama kegiatan ini. Ia menyatakan bahwa ICE-TPD bertujuan untuk berbagi pengalaman tentang isu-isu pendidikan, terutama tantangan, teori, dan praktik terbaik dalam meningkatkan kualitas guru. Dengan demikian, diharapkan ICE-TPD dapat menjadi wadah bagi para pendidik untuk memperkaya pengetahuan dan keterampilan dalam menghadapi dinamika dunia pendidikan saat ini.

Kegiatan ini juga menyoroti praktik-praktik terbaik yang dapat diterapkan dalam meningkatkan kualitas pendidikan, seperti praktek membaca sehari-hari dalam pembelajaran, mencontohkan kefasihan membaca, menciptakan lingkungan di kelas yang kondusif, dan mendorong siswa untuk aktif menggunakan bahasa dalam berkomunikasi. Selain itu, ICE-TPD juga menjadi platform bagi para pendidik untuk berbagi pengalaman dan memperoleh inspirasi baru dalam mengembangkan metode pengajaran yang inovatif.

Narasumber pada kegiatan ini dihadirkan dari AS dan Thailand. Selain itu, Delapan dosen FKIP UMM turut ambil bagian dalam kegiatan ini dengan menyajikan pengetahuan dan pengalaman mereka masing-masing. Mereka adalah Dr Nur Widodo MKes (Prodi Pendidikan Biologi), Dr Agung Deddiliawan Ismail MPd (Prodi Pendidikan Matematika), Dr Dyah Worowirasti Ekawati MPd (Prodi PGSD), Dr Husamah MPd (Prodi Pendidikan Biologi), Dr Erna Yayuk MPd (Prodi PGSD), Dr Rina Wahyu Setyaningrum MEd (Prodi Pendidikan Bahasa Inggris), Dr Alfiani Athma Putri Rosyadi MPd (Prodi Pendidikan Matematika), dan Dr Beti Istanti Suwandayani MPd (Prodi PGSD).

Dengan adanya kontribusi para dosen tersebut, diharapkan ICE-TPD dapat memberikan wawasan baru dan pemahaman mendalam tentang pentingnya pengembangan profesionalisme guru dalam mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan. Melalui kerjasama dan kolaborasi yang terjalin di dalam konferensi ini, diharapkan akan muncul berbagai ide dan solusi inovatif untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia dan di seluruh dunia.

Shared: