Pemberangkatan 400 mahasiswa FKIP UMM dalam Program Asistensi Mengajar / PLP 2

Senin, 04 September 2023 18:35 WIB   Pendidikan Matematika

Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) mengikuti kegiatan pembekalan peserta Praktik Lapangan Profesi (PLP) 2 pada hari Kamis, 24 Agustus 2023. Kegiatan ini bertujuan untuk mempersiapkan mahasiswa yang akan melaksanakan PLP 2 di sekolah-sekolah mitra FKIP UMM.

 

Kegiatan pembekalan diikuti oleh seluruh kepala sekolah mitra, guru pamong, dosen pembimbing PLP 2 dan mahasiswa peserta PLP 2. Acara dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Lagu Sang Surya. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan oleh Wakil Dekan 1 FKIP UMM, Ibu Dr. Sugiarti, M.Si dan sambutan oleh Kepala Laboratorium Microteaching FKIP UMM, Bapak Dr. Nurwidodo, M.Kes.

 

Dalam sambutannya, Ibu Sugiarti mengharapkan agar mahasiswa dapat memanfaatkan kesempatan PLP 2 ini untuk mengembangkan kompetensi profesional sebagai calon guru. Beliau juga mengingatkan agar mahasiswa menjaga nama baik FKIP UMM dan menjalin kerjasama yang baik dengan pihak sekolah.

 

Sementara itu, Bapak Nurwidodo menyampaikan materi tentang teknis pelaksanaan PLP 2. Beliau menjelaskan bahwa mahasiswa akan melaksanakan PLP 2 selama satu bulan penuh mulai dari tanggal 25 Agustus hingga 25 September 2023. Selama PLP 2, 400 mahasiswa akan menjadi asisten mengajar di sekolah dan mendapatkan bimbingan dari guru pamong dan dosen pembimbing.

 

Setelah kegiatan pembekalan selesai, mahasiswa diserahkan kepada pihak sekolah pada hari Jumat, 25 Agustus 2023 oleh dosen pembimbing lapangan (DPL). Mahasiswa diharapkan dapat mengikuti semua kegiatan yang ada di sekolah dan belajar dari pengalaman langsung di lapangan.

 

Kegiatan PLP 2 ini merupakan salah satu program unggulan FKIP UMM yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas lulusan sebagai calon guru profesional. Melalui PLP 2, mahasiswa diharapkan dapat mengembangkan keterampilan mengajar, berinteraksi dengan siswa, dan beradaptasi dengan lingkungan sekolah.

 

*AAPR

 

Shared: