Pendampingan Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Penyusunan Perangkat Pembelajaran Matematika di SMP Muhammadiyah 3 Gending Probolinggo

Selasa, 05 September 2023 06:18 WIB   Pendidikan Matematika

Tim pendamping Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) dari Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) memberikan pelatihan dan seminar tentang kurikulum Merdeka kepada guru-guru SMP Muhammadiyah 3 Gending Probolinggo. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dan kesiapan guru-guru dalam menerapkan kurikulum Merdeka di sekolah mereka.

 

Pelatihan dan seminar ini dilakukan secara tatap muka dan online/daring. Pertemuan tatap muka dilaksanakan pada tanggal 13 Mei 2023 di SMP Muhammadiyah 3 Gending Probolinggo. Pada pertemuan ini, tim pendamping IKM yaitu Prof. Dr. Yus Mochamad Cholily, M.Si, Anis Farida Jamil, M.Pd , dan Mayang Dintarini, M.Pd memberikan pengetahuan awal tentang kurikulum Merdeka, seperti perubahan yang terjadi dari Kurikulum 2013 ke kurikulum Merdeka, karakteristik kurikulum Merdeka, dan fase pembelajaran pada jenjang SMP.

 

Pertemuan online/daring dilakukan sebanyak tiga kali dengan menggunakan aplikasi zoom meeting. Pertemuan pertama dilaksanakan pada tanggal 20 Mei 2023 dengan mengundang praktisi dan guru penggerak dari sekolah lain yang sudah menerapkan kurikulum Merdeka. Pada pertemuan ini, peserta dan praktisi dapat saling berbagi pengalaman dan tantangan dalam penerapan kurikulum Merdeka di sekolah mereka.

 

Pertemuan kedua dilaksanakan pada tanggal 3 Juni 2023 dengan materi tentang perancangan modul ajar kurikulum Merdeka. Pada pertemuan ini, tim pendamping IKM memberikan contoh dan panduan tentang cara membuat modul ajar yang sesuai dengan prinsip-prinsip kurikulum Merdeka.

 

Pertemuan ketiga dan terakhir akan dilaksanakan pada tanggal 9 September 2023 dengan materi tentang asesmen ajar. Pada pertemuan ini, tim pendamping IKM akan memberikan contoh dan panduan tentang cara membuat asesmen ajar yang mengukur kompetensi siswa secara holistik dan otentik.

 

Kegiatan pendampingan IKM ini diharapkan dapat membantu guru-guru SMP Muhammadiyah 3 Gending Probolinggo dalam mengimplementasikan kurikulum Merdeka di sekolah mereka. Kurikulum Merdeka adalah kurikulum yang memberikan kebebasan kepada siswa untuk memilih mata pelajaran sesuai dengan minat dan bakat mereka, serta memberikan kesempatan kepada siswa untuk belajar secara aktif, kreatif, dan mandiri.

 

*AFJ

Shared: