Selamat dan Sukses kepada Dr.Octavina Rizky Utami Putri, M.Pd atas diraihnya gelar Doktor (S3) Pendidikan Matematika

Jum'at, 09 Agustus 2024 22:34 WIB   Pendidikan Matematika

Dr.Octavina Rizky Utami Putri, M.Pd, seorang dosen Prodi Pendidikan Matematika di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), telah berhasil menempuh gelar Doktor (S3) Pendidikan Matematika. Kecintaan beliau terhadap kepenulisan dapat meembuahkan hasil pada penelitian disertasinya dengan judul "Pertumbuhan Pemahaman Matematis pada Berpikir Kreatif: Perspektif Teori Pirie-Kieren".

Pentingnya berpikir kreatif bagi siswa untuk membangun pemahaman matematis yang lebih mendalam, menjadikannya terwujudnya sebuah penelitian "Pertumbuhan Pemahaman Matematis pada Berpikir Kreatif: Perspektif Teori Pirie-Kieren" ini. Menurut beliau, pertumbuhan pemahaman matematis terjadi ketika siswa melibatkan berpikir kreatif dalam menyelesaikan masalah bangun datar. Hal ini erat kaitannya dengan konsep kreatif mini-c, yaitu proses mengoneksikan pengetahuan sehingga terjadi pembentukan pemahaman baru bagi individu. Pemahaman bersifat dinamis, terus berubah, berkembang, bergeser, dan tumbuh sebagai mana yang telah dikaji pada teori Pirie-Kieren. Teori Pirie-Kieren digunakan sebagai alat untuk menguraikan pertumbuhan pemahaman pada berpikir kreatif. 

Terwujudnya sebuah penelitian disertasi ini juga memberikan kesan berharga bagi beliau. Tak lupa juga beliau berterima kasih kepada seluruhnya yang sudah menjadi support system terbaik dalam mendukung tugas belajar beliau selama 3 tahun. Terima kasih kepada seluruh pihak yang telah bersedia diajak diskusi untuk mendukung penelitian yng beliau lakukan. Terima kasih telah juga kepada seluruh pihak yang telah memberikan doa dan motivasi dalam setiap tahap ujian-ujian dalam penyelesaian studi doktoral.

Tak lupa juga beliau berpesan bahwa "Mari belajar dari Surat Al Insyirah, bahwa setiap kesulitan yang kita alami akan diiringi kemudahan oleh Allah, maka apabila telah selesai dari sesuatu urusan, tetaplah bekerja keras untuk urusan yang lain, dan hanya kepada Allah lah kita berharap".

Shared: