Prodi Pendidikan Matematika UMM Kembali Kukuhkan Guru Besar

Jum'at, 20 Mei 2022 05:43 WIB   Pendidikan Matematika

Math.umm.ac.id – Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) kembali kukuhkan guru besar. Pengukuhan guru besar dilaksanakan di Theater Dome UMM pada hari Rabu (16/2)

Pengukuhuan Guru Besar dihadiri oleh Rektor UMM Dr. Fauzan, M.Pd., Prof. Dr. Muhadjir Effendy, M.A.P sebagai Ketua Badan Pembina Harian UM, Kepala LLDIKTI Wilayah VII Prof. Dr. Ir. Suprapto, DEA serta Prof. Dr. Abdul Munir Mulkhan, Majelis Diktilitbang Pimpinan Pusat Muhammadiyah.

Prof. Dr. Baiduri, M.Si dikukuhkan bersama dua guru besar lainnya, yaitu Prof. Dwi Poedjiastutie, M.A., Ph.D dan Prof. Dr. Ribut Wahyu Eriyanti, M.Si., M.Pd.

Dalam kesempatan yang diberikan Prof. Dr. Baiduri, M.Si, memaparkan orasi ilmiahnya yang berjudul “Berpikir Rasional: Alternatif Menyelesaikan Masalah dengan Lebih Bijak”.

Ia mengatakan perubahan yang sangat cepat merupakan permasalahan nyata yang ditimbulkan akibat terkoneksinya berbagai sumber informasi melalui internet.

“Oleh sebab itu kemampuan atau skill dala pemecahan masalah serta keterampilan berpikir wajib dimiliki setiap orang sejak dini, salah satu materi pelajaran yang sangat baik dalam menyiapkan kemampuan dalam memecahkan masalah adalah Matematika,” tuturnya.

Baca juga: Program Studi Pendidikan Matematika UMM Sukses Gelar Webinar Series "Matematika, Islam dan Budaya"

Sejalan dengan itu, Dr. Fauzan, M.Pd. dalam sambutannya menegaskan tekad kuat Kampus Putih untuk melakukan perubahan, terutama dalam orientasi pembelajaran futuristik dan peran UMM sebagai problem solver di tengah masyarakat.

“Orientasi pembelajaran yang mengarah kepada siswa atau mahasiswa yaitu bisa melakukan apa bukan sekedar bisa tentang apa. Pembelajaran harus bertanggungjawab atas terjadinya problem-problem yang ada di masyarakat. Oleh karena itu model pembelajaran harus peka terhadap perkembangan dan tuntutan zaman,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua BPM UMM Muhadjir Effendy menyampaikan bahwa guru besar layaknya tentara yang meraih pangkat jenderal. Merangkak dan bersusah payah dari bawah untuk meraih cita-cita. Ia juga berpesan kepada guru besar untuk terus menanamkan hal-hal bermakna untuk Kampus Putih dan menjadi teladan yang baik seperti pendahulu-pendahulu sehingga namanya bisa dikenal dan diingat oleh seluruh civitas akademika UMM sampai sekarang.

Baca juga: UMM Raih PTS Nomer 1 Pendanaan Pkm Terbanyak, 4 Proposal Dari Prodi Pendidikan Matematika

Tak jauh berbeda Prof. Dr. Ir. Suprapto, DEA mengatakan capaian ketiga guru besar adalah sebuah karunia yang luar biasa dari Allah SWT.

“Bapak dan Ibu adalah manusia langka dan istimewa. Namun semua akan sia-sia jika Bapak Ibu tidak menebarkan kebaikan dan keilmuan yang dipunya untuk manusia-manusia lainnya,” pesan Suprapto.

Terakhir, sambutan diberikan oleh Prof. Dr. Abdul Munir Mulkhan yang berharap para guru besar bisa memberikan basis teori sebagai jangkar pendidikan Muhammadiyah agar tidak mudah terombang-ambing.

“KH Ahmad Dahlan pernah berpesan bahwa manusia harus memiliki dua sifat yaitu menjadi murid yang selalu belajar hal baru. Dan menjadi guru yang selalu membuka pikiran atas zaman yang baru sehingga tidak gampang terbawa arus,” tutupnya.

Acara Pengukuhan Guru Besar juga dihadiri segenap civitas akademika UMM dan segenap keluarga ketiga guru besar. Pengukuhan guru besar diselenggarkan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Profile Prof. Dr. Baiduri, M.Si

Prof. Dr. Baiduri, M.Si menempuh S1 Pendidikaan Matematika di Universitas Sriwijaya pada tahun 1990, Magister Matematika di Universitas Gajah Mada pada tahun 1997 dan Dr. di Universitas Negeri Surabaya pada tahun 2014.

Prof. Dr. Baiduri, M.Si telah mengabdi di UMM selama 30 tahun. Ia menekuni Bidang Keilmuan pada Pemecahan Masalah dan Proses Berfikir Matematika. Tidak kurang dari 475 Sarjana Pendidikan Matematika dan 40 Magister Pendidikan Matematika yang sudag berhasil dibimbingnya. Prof. Dr. Baiduri, M.Si juga menulis beberapa buku dan naskah yang diterbitkan di jurnal nasional dan internasional.

Disamping sebagai akademisi, Prof. Dr. Baiduri, M.Si juga terlibat aktif dalam kegiatan Persyarikatan Muhammadiyah sebagai Pimpinan Ranting Muhammadiyah (PRM Landungsari 1) dan Ketua Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah Diknasmen PCM Dau Kabupaten Malang.

Link YouTube Pengukuhan Prof. Dr. Baiduri, M.Si https://youtu.be/OpkB7jCI9cs

Shared: